Keajaiban Piala Dunia: Memori Terseru

Keajaiban Piala Dunia: Memori Terseru dari Turnamen Sepak Bola Terbesar

Keajaiban Piala Dunia: Memori Terseru dari Turnamen Sepak Bola Terbesar –  Piala Dunia FIFA menjadi salah satu liga sepak bola yang bergengsi di dunia yang selalu dinanti-nantikan oleh para penggemar sepak bola dari seluruh dunia. Ada banyak momen terseru dari turnamen sepak bola ini dan berikut beberapa memori terseru dari sejarah piala dunia:

  • Gua tangan Tuhan tahun 1986

Pemain Argentina yaitu Diego Maradona mampu mencetak dua gol yang sangat terkenal dalam pertandingan perempat final melawan Inggris yaitu salah satunya adalah “gol tangan Tuhan”. Saat pertandingan, Diego Maradona menggunakan tangannya untuk memasukkan bola ke dalam gawang kemudian gol lainnya adalah sering disebut dengan istilah “gol abad ini” di mana ia mampu menggiring bola dari dari tengah lapangan dan melewati lima pemain Inggris sebelum mencetak gol.

  • Final thriller 1950

Pada Piala Dunia 1950 saat pertandingan final yang diadakan di Brazil, tuan rumah tidak hanya perlu bermain melawan Uruguay namun Uruguay mampu mengejutkan dunia dengan kemenangan 2-1. Kemenangan ini dikenal sebagai ‘Maracanazo’. Momen ini menjadi salah satu momen yang paling ikonik dalam sejarah sepak bola pertama karena pertandingan ini dihadiri oleh lebih dari 200.000 penonton yang hadir dan mayoritas adalah pendukung Brazil yang yakin akan kemenangan tim mereka. 

  • Keajaiban 1954

Pada Piala Dunia 1954 terdapat kekalahan dramatis yang dialami oleh Jerman Barat. Mereka mengalami ketertinggalan 2-0 dan bangkit serta memenangkan pertandingan dengan meraih 3-2 yang kerap dikenal sebagai “Keajaiban di Bern.” Momen ini terkenal karena adanya final dramatis antara Jerman Barat dan Hungaria serta menjadi turnamen yang paling bersejarah dalam sejarah sepak bola UGDEWA . Kemenangan yang didapatkan oleh Jerman Barat dianggap sebagai salah satu kejutan besar dalam sejarah turnamen dan kemenangan ini memiliki dampak emosional yang besar bagi Jerman Barat karena mencerminkan adanya pemulihan dan pembangunan mereka pasca terjadinya perang dunia ke-2. 

  • Kemenangan Inggris 1966 

Pada Piala Dunia 1966, Inggris mampu memenangkan pertandingan dengan mengalahkan Jerman Barat dengan hasil 4-2. Pemain yang bernama Geoff Hurst untuk mencetak hat-trick yaitu satu-satunya hat-trick yang pernah terjadi di dalam sejarah final Piala Dunia. Kemenangan ini menjadi salah satu kemenangan paling bersejarah bagi Inggris dan kemenangan tersebut menjadi satu-satunya gelar piala dunia yang hingga saat ini dimiliki oleh Inggris. Kemenangan ini menjadikan Inggris sebagai satu-satunya negara selain Amerika Selatan dan Eropa Selatan yang pernah memenangkan piala dunia. Trofi yang diincar pada pertandingan ini menjadi prestasi yang paling diinginkan Inggris karena selalu dihadapkan pada ekspektasi untuk mengulang keberhasilan tersebut.

  1. Penalti yang menentukan

Pada final Piala Dunia tahun 1994 tepatnya di Amerika Serikat, terjadi pertandingan antara Brazil dan Italia yang berakhir dengan adu penalti setelah pertandingan berakhir 0-0. Momen ini adalah final pertama dalam sejarah piala dunia yang digunakan melalui adanya adu penalti pada waktu normal dan adanya perpanjangan waktu. Pertandingan ini berjalan sangat ketat setelah 120 menit bermain. Kedua tim ini memang memiliki adanya banyak peluang namun pertahanan keduanya sangat kuat sehingga tidak ada gol yang tercipta selama pertandingan. Karena tidak adanya gol maka pertandingan dilanjutkan dengan adanya adu penalti untuk menentukan pemenang. Pemain Italia sekaligus pemain bintang yang bernama Roberto Baggio gagal untuk mengeksekusi dan arti penentu sehingga memberikan kemenangan bagi tim Brazil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *